Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat membuka gerai di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau

//DPMPTSP KAB. SANGGAU//

Selasa (15/06/2021) , Ombudsman On The Spot (OOTS) hadir di Kabupaten Sanggau, bertempat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau. Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP., M.Si., di dampingi Anggota Forkopimda Kab. Sanggau dan Kepala OPD Kab. Sanggau.


Foto bersama Bupati Sanggau dan Anggota Forkopimda Kab. Sanggau serta Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar

Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Sanggau, Drs. Alipius, M.Si. memaparkan laporan kegiatan terkait penyelenggaraan MPP di Kabupaten Sanggau. Diberitahukan bahwa dari bulan Desember 2020 sampai dengan Mei 2021 MPP Kabupaten Sanggau sudah mengeluarkan sebanyak 94.929 Dokumen dari 20 Instansi yang bergabung di MPP Kabupaten Sanggau.

“OOTS ini diselenggarakan dalam bentuk membuka gerai pengaduan dan konsultasi pelayanan publik. Tujuannya untuk mendekatkan Ombudsman kepada masyarakat Kabupaten Sanggau,” kata Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar Marini, S.IP.

Walaupun dalam pandemi covid ini ternyata antusias masyarakat sangat luar biasa, tidak hanya melaporkan datang langsung tetapi melalui WhatsApp dan melalui surat juga disampaikan kepada kami. Untuk itu karena antusias masyarakat kami coba untuk menjembatani, kami mencoba untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, makanya kami adakan ombudsman on the spot dan ini adalah yang ke 8 kali kami adakan,” ujarnya.


Pemaparan laporan kegiatan terkait penyelenggaraan MPP di Kabupaten Sanggau oleh Kepala DPMPTSP Kab. Sanggau

Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Sanggau khususnya kepada Bupati yang telah meningkatkan pelayanan dari zona merah langsung ke zona hijau. Kami sampaikan juga apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini terkait dalam permasalahan pelayanan publik kami menyadari permasalahan pelayanan publik ini merupakan PR kita bersama tapi saya yakin pak Bupati dan jajaran punya komitmen yang kuat ini terlihat ketika di Tahun 2018 waktu penilaian kepatuhan undang-undang 25 tahun 2009, Pemkab Sanggau itu masih masuk zona yang merah dengan kepatuhan yang rendah namun demikian mungkin jurus bapak Bupati di tahun 2019 langsung meningkat ke zona hijau, kami apresiasi yang seperti itu karena jarang sekali ada pemerintah Kabupaten yang kami nilai meningkat dari zona merah langsung ke zona hijau,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi , S.IP., M.Si, didampingi oleh Anggota Forkopimda dan Kepala OPD Kabupaten Sanggau juga hadir dalam kegiatan bincang santai dan pembukaan kegiatan OOTS di MPP Sanggau.

Bupati Sanggau, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan OOTS itu, dan berharap agar Ombudsman dapat memberikan informasi dan saran perbaikan untuk Kabupaten Sanggau dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Penyerahan Cendera mata oleh Bupati Sanggau kepada Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar

“Kami senang Ombudsman hadir selama tiga hari di Sanggau. Dengan begitu, masyarakat dapat langsung menyampaikan keluhan kepada Ombudsman terkait permasalahan pelayanan publik.  

Bupati Sanggau menambahkan, pihaknya terus berupaya melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Mal Pelayanan Publik ini merupakan salah satu inovasi tersebut, sehingga masyarakat mudah dan dekat dalam mengurus semua pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat. Kita sudah melaksanakan semua yang kita inginkan di Mall Pelayanan Publik ini kita terus mengembangkan inovasi, tetapi pada intinya seperti moto yang sudah kita sampaikan juga, kita ingin betul rakyat kita ini dapat terlayani dengan benar dan mendapatkan informasi sesungguh-sungguhnya dan cepat. Di Mall Pelayanan Publik ini semua urusan pelayanan masyarakat Sanggau dapat di jangkau dengan cepat dan mudah, inilah mimpi kita sejak lama membangun MPP ini, kita belajar dari daerah-daerah luar yang sudah lebih berkembang, dan saya senang berkat dukungan seluruh OPD dan Forkopimda kekompakan ini membuahkan hasil Mall Pelayanan Publik ini. Mudah-mudahan kehadiran Ombudsman selama 3 hari di Kab. Sanggau ini membantu kita memberi informasi untuk perbaikan kita di masa yang akan datang. (RN).