PEMBINAAN DESA FOKUS DI DESA KEDAKAS KECAMATAN TAYAN HULU

//DPMPTSP KAB. SANGGAU//

Bersamaan dengan diadakannya Kegiatan Desa Fokus di Desa Cempedak Kecamatan Tayan Hilir pada Kamis, 5 September 2019, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Desa Kedakas Kecamatan Tayan Hulu. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau adalah sebagai Koordinator Kegiatan tersebut dimana dalam pelaksanaannya dihadiri oleh beberapa OPD, instansi vertikal dan warga masyarakat Desa Kedakas Kecamatan Tayan Hulu.

Kegiatan yang diadakan di aula Kantor Desa Kedakas Kecamatan Tayan Hulu tersebut berlangsung aman dan tertib yang dihadiri oleh para kepala OPD atau yang mewakili, Kepala Desa Kedakas yang diwakili oleh Sekdes, Tokoh Masyarakat serta warga Desa Kedakas. Tampak hadir pula Danramil dan Camat Tayan Hulu yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, masing – masing OPD memaparkan pokok uraian kegiatan yang berkaitan dengan Desa Kedakas sesuai dengan tugas utama dan fungsinya. Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) AKBP Ngatiya memberikan paparan tentang masalah bahayanya Narkotika dan Obat – obatan Terlarang (Narkoba) bagi generasi muda terutama para pelajar yang dimana dalam usia tersebut merupakan usia yang labil dan menjadi target para pengedar Narkoba.

Hal tersebut seiring sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau Joni Irwanto yang memaparkan beberapa hal pada kesempatan tersebut dimana beliau memberikan motivasi agar warga Desa Kedakas bisa berpola pikir positif dan selalu melakukan kegiatan yang mengarah ke perubahan yang lebih baik, dan selalu waspada kepada hal – hal yang negatif yang bisa menjurus kepada arah yang membahayakan diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar baik dalam masalah ideologi, politik, ekonomi, sosial maupun budaya yang bisa mengakibatkan rapuhnya pertahanan dan keamanan serta ketertiban masyarakat. Lebih lanjut pungkas beliau, hendaknya warga Desa Kedakas mengantisipasi dan bijak dalam menggunakan sarana dan prasarana seperti media telekomunikasi dimana untuk sekarang wilayah Desa Kedakas jaringan internetnya sudah bisa diakses secara baik melalui perangkat seperti handphone android. Yang dikhawatirkan adalah para pelajar yang masih muda belia apabila menyalahgunakan media tersebut, apalgi sekarang lagi maraknya penyalahgunaan media sosial (medsos) kearah yang negatif.

Sebagai implementasi dari hal tersebut di atas, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau Joni Irwanto menyerahkan bantuan alat olahraga kepada warga Desa Kedakas Kecamatan Tayan Hulu secara simbolis, agar bisa dimanfaatkan dan sebagai upaya memberikan motivasi supaya warga masyarakat Desa Kedakas selalu beraktivitas dan melakukan hal – hal yang positif. Dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau juga turut menyerahkan bantuan sosial kepada warga Desa Kedakas yaitu perwakilannya berjumlah 4 orang warga yang merupakan warga yang kurang mampu dan difabel berupa bantuan barang kebutuhan pokok (Sembako).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau kedepannya akan mengadakan penyuluhan terkait berita hoax di Desa Kedakas dimana akan dijadwalkan kemudian. Serta harapan kedepannya dari OPD yang belum terlibat dalam kegiatan Desa Fokus di Desa Kedakas ini agar bisa berkoordinasi dengan perangkat desa Kedakas untuk mengimplementasikan pelaksanaan kegiatannya yang berkaitan dengan Desa Fokus di Desa Kedakas Kecamatan Tayan Hulu.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.