PEMBINAAN DESA FOKUS DI DESA CEMPEDAK KECAMATAN TAYAN HILIR TAHUN 2019

//DPMPTSP KAB. SANGGAU//

Menindaklanjuti hasil rapat tanggal 28 Agustus 2019 bersama para Kepala OPD dan Instansi Vertikal serta koordinasi dengan Kepala Desa Cempedak Kecamatan Tayan Hilir, maka Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Sanggau sebagai Koordinator Pembinaan Desa Fokus di Desa Cempedak Kecamatan Tayan Hilir mengundang para Kepala OPD dan Instansi Vertikal serta masyarakat warga Desa Cempedak Kecamatan Tayan Hilir untuk menghadiri kegiatan Launching Desa Fokus yang diadakan di Aula Rapat Kantor Desa yang lama di Desa Cempedak pada Kamis, 5 September 2019 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Tampak hadir pula Kapolsek Tayan Hilir, Danramil Tayan Hilir, Camat Tayan Hilir yang diwakili oleh Kasi Tapem Utin Tilawati. Pada kesempatan tersebut, para Kepala OPD atau yang mewakili memberikan paparan serta uraian kegiatan pada OPD nya yang bersinggungan langsung dengan Desa Fokus yang dalam hal ini adalah Desa Cempedak, dan ada beberapa OPD yang khusus hadir memberikan dan menyerahkan barang dan bantuan sosial kepada warga Desa Cempedak. Dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada anak – anak di Desa Cempedak secara simbolis. Sedangkan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau juga turut menyerahkan bantuan sosial kepada warga Desa Cempedak berupa bantuan uang santunan dan barang kebutuhan pokok (Sembako).

Berdasarkan kenyataan saat ini, ternyata di Desa Cempedak belum terdapat jaringan telekomunikasi sehingga agak kesulitan dalam berhubungan melalui via telepon atau aplikasi android/handphone. Hal ini sangat ironis sekali mengingat lokasi Desa Cempedak berada di pinggir ruas jalan raya yang menghubungkan antara Kecamatan Balai dengan Kecamatan Tayan Hilir dimana ruas jalan tersebut adalah jalur utama. “Agak sulit kita untuk berkomunikasi terkait kejadian – kejadian seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi kemarin.” ujar Danramil Tayan Hilir saat gilirannya menyampaikan paparan dalam Kegiatan Desa Fokus tersebut. Dari keterangan Kepala Desa Cempedak, masih ada warga di dusun yang belum memiliki listrik dan lampu penerangan. “Untuk dusun yang belum memiliki penerangan listrik, bisa mengajukan proposal yang ditujukan kepada pemerintah daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sanggau agar ditindaklanjuti bersama PLN.” Ujar Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Kabid PTSP) Hubertus Leydin, SAP, M.Sc dalam paparannya pada kesempatan tersebut. Lebih lanjut, beliau juga memaparkan tentang perizinan yang bisa diimplementasikan pada Desa Cempedak seperti izin usaha mikro bagi warga pedesaan, serta menyerahkan formulir permohonan izin – izin yang lain kepada Kepala Desa Cempedak agar bisa diaplikasikan apabila ada warga Desa Cempedak yang ingin mengurus izin.

Diharapkan agar dengan adanya Kegiatan Desa Fokus ini, Desa Cempedak bisa menjadi desa yang mandiri dengan memanfaatkan segala potensi yang ada pada Desa Cempedak serta bisa memberikan nilai lebih sebagai wujud dan upaya pemerintah mengimplementasikan pelaksanaaan pembangunan di berbagai sektor sampai ke lini pelosok daerah di Kabupaten Sanggau.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.