Kepala Dinas

Drs. Alipius, M.Si

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu KabupatenSanggaumempunyai kedudukan, tugas dan fungsi sesuai peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu KabupatenSanggau.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu KabupatenSanggau melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dibidang penanaman modal, bidang energi dan sumber daya mineral, dan fungsi pelayanan terpadu satu pintu, serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

  1. Perumusan kebijakan urusan pemerintahan dibidang penanaman modal, bidang energi dan sumber daya mineral, dan fungsi pelayanan terpadu satu pintu;
  2. Pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan dibidang penanaman modal, bidang energi dan sumber daya mineral, dan fungsi pelayanan terpadu satu pintu;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan dibidang penanaman modal, bidang energi dan sumber daya mineral, dan fungsi pelayanan terpadu satu pintu;
  4. Pelaksanaan administrasi di lingkup Dinas; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas.

Dalam melaksanakan tugas, Sekretariat menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran Dinas;
  2. Koordinasi dan pelaksanaan kerjasama di lingkungan Dinas;
  3. Koordinasi pengelolaan laporan kinerja dan keuangan di lingkungan Dinas;
  4. Koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat di bidang penanaman modal, bidang energi dan sumber daya mineral, dan fungsi pelayanan terpadu satu pintu;
  5. Koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang penanaman modal, bidang energi dan sumber daya mineral, dan fungsi pelayanan terpadu satu pintu;
  6. Penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan dan koordinasi bantuan hukum di lingkungan Dinas;
  7. Pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas;
  8. Pengelolaan data dan informasi di lingkungan Dinas;
  9. Pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Dinas;
  10. Pelaksanaan urusan organisasi dan tatalaksana di lingkungan Dinas;
  11. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumah tanggaan di lingkungan Dinas;
  12. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Kepala Dinas.

Bidang Penanaman Modal mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang penanaman modal.Dalam melaksanakan tugas tersebut menyelenggarakan fungsi sebagai   berikut :

 

  1. Perumusan kebijakan dibidang penanaman modal meliputi pengembangan, pengendalian dan promosi penanaman modal;
  2. Pelaksanaan pembinaan umum dan koordinasi dibidang penanaman modal meliputi pengembangan, penggendalian dan promosi penanaman modal;
  3. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang penanaman modal meliputi pengembangan, penggendalian dan promosi penanaman modal;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang penanaman modal meliputi pengembangan, penggendalian dan promosi penanaman modal;
  5. Pelaksanaan administrasi bidang penanaman modal; dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Bidang Energi dan SumberDaya Mineral mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang energi dan sumber dayamineral.Dalam melaksanakan tugas tersebut menyelenggarakan fungsi sebagai   berikut :

  1. Perumusan kebijakan dibidang energi dan sumber daya mineral meliputi ketenagalistrikan, pengusahaan energi, serta data dan informasi sumber daya meneral dan air tanah;
  2. Pelaksanaan kebijakan dibidang energi dan sumber daya mineral meliputi ketenagalistrikan, pengusahaan energi, serta data dan informasi sumber daya meneral dan air tanah;
  3. Pelaksanaan pembinaan umum dan koordinasi dibidang energi dan sumber daya mineral meliputi ketenagalistrikan, pengusahaan energi, serta data dan informasi sumber daya meneral dan air tanah;
  4. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang energi dan sumber daya mineral meliputi ketenagalistrikan, pengusahaan energi, serta data dan informasi sumber daya meneral dan air tanah;
  5. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang energi dan sumber daya mineral meliputi ketenagalistrikan, pengusahaan energi, serta data dan informasi sumber daya meneral dan air tanah;
  6. Pelaksanaan administrasi bidang energi dan sumber daya mineral dan
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

  1. Perumusan kebijakan dibidang pelayanan terpadu satu pintu meliputi pelayanan, pengendalian, data dan informasi perizinan;
  2. Pelaksanaan kebijakan dibidang pelayanan terpadu satu pintu meliputi pelayanan, pengendalian, data dan informasi perizinan;
  3. Pelaksanaan pembinaan umum dan koordinasi dibidang pelayanan terpadu satu pintu meliputi pelayanan, pengendalian, data dan informasi perizinan;
  4. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang pelayanan terpadu satu pintu meliputi pelayanan, pengendalian, data dan informasi perizinan;
  5. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang pelayanan terpadu satu pintu meliputi pelayanan, pengendalian, data dan informasi perizinan;
  6. Pelaksanaan administrasi bidang pelayanan terpadu satu pintu; dan
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) SEMESTER SATU TAHUN 2020